Selasa, 04 April 2017

Jual Besi Wiremesh Gulungan Dan Wiremesh Lembaran Dengan Kawat Ulir Maupun Polos Harga Pabrik

Besi Wiremesh adalah besi yang bentuknya seperti kawat dianyam  menjadi lembaran. Karena itu di Indonesia besi ini lebih populer dengan sebutan besi atau kawat anyam. Bentuk dari anyaman ini ada yang kotak-kotak atau ada pula yang seperti jajaran genjang.

Besi Wiremesh ada 2 jenis :

Yang pertama berupa lembaran. Ukuran standar yang ada adalah  2,1 meter x 5,4 meter.
Sedangkan yang kedua berupa gulungan atau rol yang punya ukuran lebar 2,1 meter dan panjangnya mencapai 54 meter.
Untuk diameter kawatnya tersedia ukuran yang paling kecil yaitu empat hingga yang terbesar adalah sepuluh. Sebutannya adalah M4, M5 dan seterusnya. 





Jika diameternya disesuaikan dengan kebutuhan, besi wiremesh biasa digunakan untuk penguat dak beton atau pelat lantai. Untuk bangunan bertingkat, ukuran yang dipakai adalah delapan hingga sepuluh. Namun untuk rumah biasa, bisa menggunakan yang ukurannya 4 hingga 6. Dan selain untuk menguatkan dak beton, besi jenis ini bisa dipakai untuk penguat talud, anak tangga atau kawat bronjong.

Ukuran diameter yang paling besar tentu saja punya kekuatan yang paling kuat ketika harus menahan atau menyangga beban. Dan harganya juga paling  mahal. Saat ini di pasaran harga M4 adalah sekitar 170 ribu Rupiah setiap satu lembar dan 950 ribu Rupiah untuk M10. tapi tergantung merk yang di pilih karena sekarang juga banyak sekali yang beredar Wiremesh-Wiremesh -an yang harganya super Murah mengabaikan mutu standart yang rekomendasikan. Serupa tapi tak sama.




Penggunaannya bisa mendatangkan beberapa keuntungan, antara lain adalah proses pembuatan bangunan menjadi lebih cepat sehingga bisa dilakukan efisiensi waktu secara maksimal. Selain itu konstruksi beton yang dibuat bisa lebih akurat dan makin teliti perhitungannya. Hal ini bisa menimbulkan efek gedung yang sedang dibangun menjadi lebih bagus mutunya dan biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih hemat.

Besi wiremesh sangat bagus digunakan pada pelat beton baik yang diletakan secara langsung di tanah atau yang menggantung. Untuk yang berada di permukaan tanah, biasanya diaplikasikan untuk mengeraskan tanah sehingga menjadi lebih kuat menahan beban mobil yang lewat atau benda lain yang punya bobot sangat berat. Karena itu besi ini sering dijadikan material tambahan untuk membuat jalan raya, trotoar dan sebagainya.


Sedangkan pada pelat beton yang menggantung, sering diaplikasikan pada gedung atau saluran yang bersifat terbuka seperti irigasi atau saluran pembuangan air hujan. Jadi besi ini bisa dipakai dimanapun sepanjang ada pelat beton yang diberi tulang atau penulangan.

Sebelum menentukan pilihan, perhatikan dengan cermat ukuran diameter kawat yang dipakai. Setiap satu tingkat ukuran diameter punya perbedaan yang tidak begitu kentara. Misalnya kawat pada M5 jika dilihat secara sekilas ukuran besarnya nyaris sama dengan M4. Meski hanya selisih satu tingkat saja, namun pengaruh kekuatannya sangat besar, terutama sekali jika dipakai dalam pembuatan bentang kolom yang ukurannya cukup lebar.


Besi wiremesh yang baik adalah yang proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis. Jadi jarak antar kawatnya selalu sama dan seragam. Demikian pula dengan penampang lintang, juga selalu konsisten. Sehingga  kawat pada besi wiremesh tidak akan pernah berkurang serta semua susunan selalu berada di posisinya masing-masing.


Ada produsen besi wiremesh yang nakal, karena hanya menggunakan sistem las manual saja. Jadi susunan kawatnya menjadi tidak rapi dan masing-masing jarak kurang begitu teratur, ada yang terlalu jauh dan ada  yang terlalu dekat. Jadi jangan memilih wiremesh yang tampilannya tidak rapi. Sistem las manual bisa membuat daya beban kawat jadi berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar